" A super cool template for bloggers, photographers and travelers "

Lakukan Pengecekan pada Motor Anda Sebelum Mudik

Momen mudik, bisa dibilang momen yang paling ditunggu setiap orang karena momen ini datang setiap tahun sekali dan di waktu tersebut semua sanak saudara berkumpul untuk menjalin silaturahmi untuk saling memaafkan.

Berbagai moda transportasi untuk menuju kampung halaman pun beragam mulai dari menggunakan bus, kereta, pesawat, kapal laut, mobil pribadi hingga mudik menggunakan motor sering kita jumpai. Semua moda transportasi apapun itu asalkan kesiapan stamina tubuh dan kondisi kendaraan yang baik tidak akan masalah.

Maka dari itu disarankan untuk Anda yang hendak pulang ke kampung halaman menggunakan kendaraan pribadi baik jauh maupun dekat lebih baik lakukan pengecekan terlebih dahulu pada kondisi kendaraan yang akan Anda bawa, terutama untuk pemudik yang menggunakan motor.

Mudik menggunakan motor saat ini banyak dipilih karena dianggap lebih hemat dan lebih cepat, namun tahukah Anda bahwa membawa motor untuk pulang ke kampung halaman yang jaraknya lumayan cukup jauh, dibutuhkan pengecekan dan perawatan sparepart dan mesin kendaraan sebelum berangkat, ketika sampai, kembali pulang dan setelah pulang.

Karena jika Anda tidak melakukan pengecekan secara berkala, di khawatirkan kendaraan motor Anda akan mengalami kerusakan akibat pemakaian yang berlebih dan terdapat suku cadang yang rusak dan harus diganti atau kemungkinan terburuknya adalah mesin turun.

Jika Anda bingung apa saja yang harus Anda cek, penulis akan memberikan informasi mengenai apa saja yang harus Anda cek sebelum berangkat pergi mudik, berikut ulasannya.

Hal – Hal yang Harus Di Cek Sebelum Mudik

Ban Motor

Ban motor yang gundul atau halus tidak disarankan untuk dibawa pergi jauh – jauh, hal ini dikhawatirkan akan membuat ban motor Anda pecah akibat gesekan aspal. Tentunya hal ini sangat membahayakan bukan, apalagi jika Anda membawa beban bawaan yang cukup berat di motor Anda.

Rem Depan dan Belakang

Cek rem kendaraan Anda apakah performa pengeraman nya cukup bagus dan baik? Jika Anda rasa baik, lebih baik di cek ulang dan dipastikan benar – benar.

Karena nyatanya banyak orang yang merasa nyaman dengan rem nya, ternyata jika di cek secara detail rem tersebut masanya sudah akan hampir habis dan jika digunakan untuk pengereman secara terus menerus tentu akan membuat rem menjadi tidak pakem dan jangan sampai hal ini terjadi saat Anda membawanya untuk mudik.

Cek Apa Keamanan Motor Terjamin

Cek, apakah keamanan motor Anda dilindungi dan dijamin agar saat terjadi hal yang tidak diinginkan dapat Anda atasi dengan mudah. Keamanan ini bisa Anda jamin dengan asuransi motor.

Kenapa asuransi motor? Sebenarnya menggunakan asuransi memiliki keuntungan yang baik untuk Anda dan kendaraan, asalkan Anda tahu persyaratan dan ketentuan dari asuransi motor yang Anda pilih.

Mengikut sertakan kendaraan motor Anda dengan asuransi motor adalah pilihan terbaik, karena biasanya asuransi ini memberikan jaminan keamanan dan keselamatan bukan hanya pada kendaraannya saja melainkan juga memberikan keamanan pada si pemegang polis saat berkendara.

Biasanya jika Anda membeli sebuah motor baru dengan cara dicicil Anda sudah diikutsertakan dengan asuransi, namun disinilah banyak masyarakat yang tidak paham akan ketentuan dan berapa jumlah yang dibayarkan untuk asuransi yang digunakan. Dan seringkali asuransi tersebut tidak digunakan pada saat motor Anda membutuhkan perbaikan karena ketidaktahuan.

Untuk menghindari hal tersebut, maka disarankan untuk menggunakan asuransi motor terbaik yang pasti dan jelas ketentuannya.

Oli Besar dan Oli Kecil

Cek oli motor Anda, apa perlu diganti sebelum berangkat atau bisa diganti setelah sampai kampungan halaman saja?

Tujuan pengecekan ini adalah untuk memastikan performa mesin pada kendaraan motor Anda dapat terjaga dan tidak akan aus akibat oli yang kotor. Oli yang kotor dapat menyebabkan kerusakan pada mesin.

Cek Kondisi Si Pengendara

Bukan hanya kendaraanya saja yang dicek dan dipastikan aman, namun Anda sebagai si pengendara juga harus di cek apakah Anda dalam kondisi baik dan prima?

Karena sebaik apapun kondisi motor Anda, jika pengendaranya memiliki kondisi yang kurang bagus akan sama saja.

  • 6
  • 103

0 Comments

Leave A Comment

Your email address will not be published.

About Me

Photographer & Blogger

Lorem ipsum dosectetur adipisicing elit, sed do.Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur Nulla fringilla purus at leo dignissim congue.

Subscribe

Banner Widget

Categories

Our Instagram

    Last Comments

    Social widget